Warga Tolak Rusunami Grand Dago

Posted by on Oct 25, 2010 | Leave a Comment | Print This Post Print This Post

DemokratNews – Warga Bangbayang,Tubagus Ismail dan sekitarnya,Kelurahan Sekeloa,Kecamatan Coblong,menolak pembangunan rumah susun sederhana milik (rusunami) atau apartemen oleh PT Mutiara Dago (Kagum Grup).

Warga khawatir proyek tersebut menyedot persediaan air tanah di wilayah mereka. Mereka pun kini membentuk Forum Masyarakat Bangbayang-Tubagus Ismail dan sekitarnya (Formas Bagus).Ketua Formas Bagus Andrie M Senewe mengatakan, apartemen tersebut akan dibangun di Jalan Bangbayang Selatan Nomor 45/157 D,tepat di perbatasan antara RT01 dan 02/09, Kelurahan Sekeloa, Kecamatan Coblong.

Berdasarkan sosialisasi yang pernah dilakukan pengembang, apartemen tersebut akan dinamai Rusunami Grand Dago.Apartemen akan terdiri dari tiga unit tower yang masing-masing 22 lantai setinggi 60 meter dengan jumlah rusunami 2.180 unit. “Bayangkan saja, dengan penambahan sekitar 2.000-an keluarga, dapat diprediksi akan ada sekitar 6.000 jiwa yang mengandalkan air tanah.

Sementara warga Bangbayang dan sekitarnya pun saat ini kurang dari 6.000 jiwa,” ujar Andrie. Andrie mengatakan, penentangan warga bukan berarti sertamerta tidak mengizinkan pembangunan. Warga akan memberikan izin jika pembangunan apartemen tersebut tidak menyalahi aturan. “Seingat saya,pembangunan di Kawasan Bandung Utara (KBU) hanya diizinkan maksimal empat sampai dengan lima lantai saja.Toleransi yang diberikan warga itu sudah harga mati. Jika pengembang tetap memaksakan akan membangun 22 lantai, kami dengan tegas menolaknya,”tandasnya. Warga lainnya,Adityas Annas Azhari, mengaku mendapat informasi bahwa standar harga minimum rusunami tersebut Rp140 juta per unit. “Bagi saya, dengan kisaran harga minimun Rp140 juta per unit,proyek ini cuma kedok belaka dari program pemerintah.

“Logikanya, masyarakat kalangan menengah ke bawah mana yang mampu beli dengan harga segitu?”ungkap Adityas di lokasi proyek. (Tommy/DN)

Views:1354

BERITA TERKAIT:

Tetap update berita/artikel di mana pun dari DemokratNews dengan mengetikkan http://demokratnews.com dari browser ponsel Anda!

TULIS KOMENTAR